5 Tips Cek Tour Travel Umroh Impian | AhsantaTravel


Umroh menjadi salah satu ibadah impian bagi orang-orang Muslim.Bagi sebagian orang sudah melakukan rencana tabungan umroh pada jauh-jauh hari. Tetapi kali ini, banyak juga tour travel melakukan penipuan dengan siasat tertentu sehingga rencana umroh tertunda dan  uang dalam tabungan menjadi sia-sia. Jangan sampai nih, karena kamu salah pilih tour travel umroh. Impianmu jadi gagal. Nah, buat kamu yang akan umroh pertama kali dan ingin tahu apa saja yang harus dipastikan. Inilah 5 cara pilih tour travel umroh impianmu. Simak,ya !

Cek Tour Travel Terpercaya

Pastikan travelnya sudah terdaftar dan memiliki izin resmi. Sebaiknya melakukan riset travel dengan mencari informasi melalui website resmi, saudara, teman dan testimoni dari yang sudah melakukan jasa mereka. Perhatikan track recordnya di Kementerian Agama, apakah bisa dipercaya atau tidak. Bisa saja tour travel pilihanmu sedang memperpanjang izin. Jadi nama travel tidak muncul di halaman website. Yang terpenting tour travel tersebut memiliki izin resmi dari Kementrian Agama. Jangan sungkan, minta surat resmi mereka.

Cek Layanan yang Diberikan

Kenali juga jenis layanan yang diberikan. Pastikan juga paket yang ditawarkan sesuai budget. Jangan terlena dengan paket murahan. Biasanya paket murah mempengaruhi fasilitas dan pelayanannya juga. Jika kamu ingin fokus umroh saja tanpa singgah-singgah ke Turki, Dubai, Mesir dan Malaysia. Ambil paket regular saja yang langsung ke Mekkah.  Selain budget tercukupi, rasa penasaran dengan suasana Mekkah dan Madinah akan cepat terobati. Jamaah juga harus memastikan hak-hak apa saja yang diberikan jika memilih paket tertentu seperti pembimbing, transportasi, manasik umroh dan asuransi. Setelah itu, kamu segera persiapkan dokumen yang diperlukan seperti : paspor, foto close up, kartu kesehatan dan kartu kuning berisi vaksinasi meningitis.

Walaupum umroh bisa dilakukan apa saja, kamu harus cerdik menentukkan waktu yang tepat agar nyaman dan ibadah lancar. Musim apa disana? Musim dingin atau panas? Biasanya musim dinginm antara bulan November – Februari dan musim panas antara bulan Juni – Agustus. Pastikan juga pakai pesawat apa nanti. Melakukan transit atau tidak. Kalau ingin mengurangi budget yang kamu miliki. Hindari bulan-bulan pada musim liburan dan bulan Ramadhan biasanya biaya lebih tinggi dari yang biasa ditawarkan. Setelah itu, siapkan perbekalan yang akan kamu bawa seperti baju ihrom, pakaian , pakain tidur, gamis, mukena, sajadah, pembalut untuk wanita, kacamata hitam, topi dan obat-obatan serta handphone dengan charge colokan tiga.

Cek Jadwal Terbang Keberangkatan dan Kepulangan

 Pastikan jadwal keberangkatannya. Musim apa di Mekkah nanti. Sesuaikan pakaian dengani cuaca di Mekkah. Cuacanya kan berbeda-beda, jangan lupa jjaga kesehatan kamu. Pilih juga beberapa pakaian yang nyaman selain baju ihrom. Jangan banyak bawa baju pakaian. Bias-bisa nanti tidak diperbolehkan berangkat saat pemeriksaan. Oia, Keberangkatan biasanya ada titik kumpul dan memakai bus. Masalahnya saat pulang banyak juga para jamaah yang tersesat. Nanti ada pembimbing juga yang akan memberikan arahan saat diperjalanan keberangkatan dan kepulangan. Tak hanya arahan, doa-doa juga dituntun agar umroh aman dan nyaman. Sukanya, saat pulang para jamaah kebanyakan tersesat. InsyaAllah, jika tour travel yang bertanggungjawab maka tidak hanya memberangkatkan para jemaahnya saja. Beberapa pendidikan rohani, akhlak dan wawasan keagamaan agar terkait dengan hati akan diberikan dengan penuh ridho Allah Swt. Lalu saat pulang dengan aman dan selamat.

Cek Hotel Pilihanmu

Pastikan hotelnya. Hotel yang ditawarkan untuk Umroh minimalnya bintang tiga. Jika kamu memilih hotel bintang lima, pastikan jarak hotel berdekatan dengan tempat beribadah. Karena ada saja yang menawarkan hotel bintang lima dan sangat jauh tempatnya dari masjid. Itu semua untuk memudahkan aktivitas kamu di tanah suci. Fasilitas apa juga yang tersedia di hotel tersebut. Jika kamu masih ragu, carilah informasi sebanyak-banyaknya di social media mengenai fasilitas hotel yang akan kamu tempati.

Cek Visa Tour Travel

Pastikan visa tour travel resmi. Karena visa ini sangat sedikit calon jamaah yang memilikinya. Visa digunakan agar perjalanan yang singgah dulu ke tempat manapun sebelum ke Mekkah dan masuk ke tanah suci jadi aman. Biasanya visa diterima kamu dalam dua tiga hari sebelum keberangkatan. Banyak jamaah yang gagal berangkat terkendala ini.

 Bagaimana nih? Kamu udah siap untuk berangkat ibadah umroh di Mekkah dan Madinah kan? insyaAllah perjalanan umrahmu bermakna, aman, nyaman dan menjadi umroh yang mabrur dan maqbul. Untuk rekomendasi tour travel, kamu bisa memakai jasa Ahsanta Tour Travel sebagai pilihan yang tepat untuk  mewujudkan umrah impian. So, tunggu apalagi. Ayo kunjungi websitenya di www.ahsanta.com.

Ahda Jaudah, penulis adalah seorang penggiat literasi dan Alumnus UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2014
Instagram : @ahdajaudah

___________________________________

@ahsantatravel

#beribuktibukanjanji #termurahdikelasnya #umrahamannyamanbersamaahsanta




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Buku : Mereka Besar Karena Membaca

review buku : Khadijah, Perempuan Teladan Sepanjang Masa

Resensi Buku : Menghidupkan Mimpi Ke Negeri Sakura | Antologi Kisah Inspiratif Sukses Kuliah di Jepang